Selasa, 16 April 2013

Liability and Owners' Equity



Teori Kepemilikan dan teori entitas
Dua teori yang telah diusulkan untuk memahami akuntansi, yaitu teori kepemilikan dan teori entitas.

Teori Kepemilikan
Kepemilikan merupakan kekayaan bersih bisnis dan dapat direpresentasikan dalam persamaan akuntansi:                                                    P = A-L

Dimana kepemilikan (atau ekuitas pemilik) adalah sama dengan aset kurang kewajiban. P merupakan kekayaan bersih pemilik bisnis. Sprague :
“Neraca kepemilikan adalah menjumlahkan pada beberapa waktu tertentu dari semua elemen yang merupakan kekayaan beberapa orang atau kumpulan orang-orang .....
Seluruh tujuan dari perjuangan usaha adalah peningkatan kekayaan, yaitu, peningkatan kepemilikan.”

Aset adalah milik pemilik dan kewajiban adalah kewajiban pemilik. Dimana tujuan akuntansi adalah untuk menentukan nilai bersih pemiliknya. Teori ekonomi perusahaan mengambil pandangan kepemilikan, dengan penekanan pada peran pengusaha - pemilik. Konsep pendapatan, yang meningkatkan kekayaan bersih dipandang sebagai imbalan kewirausahaan.
Pendapatan diperoleh, dan biaya terjadi, karena keputusan dan tindakan dari pemilik atau perwakilan pemilik. Pendapatan dan beban adalah akun anak perusahaan dari p, yang untuk sementara waktu dipisahkan untuk tujuan menentukan keuntungan pemilik. pendapatan adalah peningkatan kepemilikan, beban adalah penurunan kepemilikan.
Vatter  menjelaskan :
“Teori double entry didasarkan pada gagasan bahwa beban dan pendapatan piutang memiliki karakteristik aljabar sama seperti kekayaan bersih, yaitu rekening/akun cenderung untuk meningkatkan kekayaan bersih yang meningkat sebesar kredit, account cenderung  untuk menurunkan kekayaan bersih ditangani dalam perlakuan sebaliknya.”


Dengan demikian, perubahan kekayaan bersih berasal dari kegiatan menghasilkan pendapatan serta perubahan nilai aset. Misalnya, nilai intrinsik dari surat kabar masthead dapat meningkatkan nilai dan bisa menarik premi yang signifikan untuk pemilik jika menyadari (dijual). Dalam kasus tersebut, argumen adalah bahwa peningkatan kekayaan bersih pemilik harus diakui, meskipun perubahan kekayaan nasional sampai waktu seperti surat kabar sebenarnya dijual kepada pihak ketiga. Masalah akuntansi adalah mengukur perubahan nilai nasional.
Untuk sebagian besar, praktik akuntansi ini didasarkan pada teori kepemilikan. Dividen dianggap sebagai pembagian keuntungan daripada beban karena mereka adalah pembayaran kepada pemilik. Di sisi lain, bunga atas utang dan pajak penghasilan dianggap beban karena mereka mengurangi kekayaan pemilik.
Sebuah modal finansial daripada modal fisik pandangan adalah wajar teori kepemilikan. Yang pertama menekankan investasi keuangan pemilik, sedangkan yang terakhir berfokus pada kemampuan perusahaan untuk mempertahankan operasi fisik tanpa mempedulikan klaim kepemilikan. Pandangan eksklusif tidak melihat perbedaan antara aset pemilik dan aset entitas. Oleh karena itu, semua laba entitas didistribusikan kepada pemilik perusahaan. Jika entitas memerlukan sumber daya tambahan. Modal merupakan kas diinvestasikan oleh pemilik ditambah keuntungan yang diinvestasikan kembali oleh berikut tegangan kembali dalam bisnis. Kebanyakan orang mengadopsi pandangan keuangan modal dan juga posisi yang diambil dalam praktek akuntansi konvensional tradisional.
Akuntabilitas untuk pemilik adalah fungsi penting bagi sebuah perusahaan besar karena kesenjangan antara manajemen dan pemegang saham. Untuk perusahaan kecil, pemilik menyadari status keuangan usaha sehingga gagasan akuntabilitas atau kepengurusan tidak seperti miningful. Dalam contast, kontak pemegang saham dengan urusan yang dilaporkan kepada mereka oleh manajemen.

Teori entitas
Teori entitas dirumuskan sebagai tanggapan terhadap kekurangan pandangan eksklusif mengenai status hukum yang terpisah dari perusahaan. Teori ini dimulai dengan fakta bahwa perusahaan merupakan entitas yang terpisah dengan identitasnya sendiri. Teori melampaui asumsi entitas akuntansi tentang pemisahan urusan bisnis dan pribadi. Martin Menguraikan dua asumsi terkait terkandung dalam pengertian entitas akuntansi :
• Pemisahan, untuk tujuan akuntansi, perusahaan dipisahkan dari pemiliknya.
• sudut pandang, prosedur akuntansi dilakukan dari sudut pandang entitas.

Meskipun teori entitas sangat cocok untuk pendukung akuntansi perusahaan percaya bahwa hal itu dapat diterapkan untuk kepemilikan, kemitraan dan bahkan bukan untuk organisasi nirlaba, yang menyediakan :
-  Laporan keuangan dan transaksi diklasifikasikan dan menganalisis dari sudut pandang entitas sebagai unit operasi dan,
-  Prinsip dan prosedur Akuntansi tidak diformulasikan dalam bentuk suatu kepentingan tunggal, seperti kepemilikan.

Paton menyatakan, untuk setiap perusahaan bisnis : “Ini adalah bisnis yang keuangan sejarah pemegang buku dan akuntan mencoba untuk mencatat dan menganalisa, buku dan rekening adalah catatan bisnis; laporan periodik untuk operasional dan kondisi keuangan adalah laporan bisnis.”
Ketika sebuah perspektif entitas diambil, tujuan akuntansi dapat kepengurusan atau akuntabilitas. Versi tradisional dari teori entitas adalah bahwa perusahaan bisnis beroperasi untuk kepentingan equityholders, mereka yang menyediakan dana untuk entitas. Entitas karena itu harus melaporkan kepada equityholders status dan konsekuensi dari investasi mereka.
Dalam teori entitas, fokus dari persamaan akuntansi aktiva dan ekuitas. senilai Bersih pemilik bukanlah konsep yang bermakna, karena entitas adalah pusat perhatian. Pemilik dan kreditur dipandang hanya sebagai equityholders, penyedia dana. Persamaan akuntansi demikian.

Aktiva = ekuitas

Neraca menunjukkan aset entitas, yang mengacu Paton sebagai mewakili pernyataan langsung dari nilai entitas dan ekuitas, yang disebutnya sebuah ekspresi tidak langsung dari total yang sama. Aset milik perusahaan dan kewajiban kewajiban perusahaan, bukan pemilik. Telah berpendapat bahwa karena jumlah yang diinvestasikan oleh equityholders harus dicatat, tujuan ini secara logis mengarah ke penggunaan biaya historis untuk aktiva non moneter, karena total pada sisi kanan dari laporan posisi keuangan harus sama dengan total kiri. Setelah menerima dana yang diberikan oleh equityholders, perusahaan menginvestasikan dana dalam aset. Untuk aset non moneter, ini adalah harga beli.
Aset dan beban pada dasarnya sama di alam mereka menyediakan jasa. Ini hanyalah sebuah pertanyaan apakah jasa digunakan atau tetap untuk penggunaan masa depan. Karakteristik dasar dari pendapatan adalah bahwa hal itu menciptakan aset lebih sedangkan biaya akhirnya mengurangi aktiva:
Teori Akuntansi, karena itu harus menjelaskan konsep pendapatan (penghasilan) dan biaya dalam hal perubahan aset perusahaan bukan sebagai kenaikan atau penurunan ekuitas pemilik atau pemegang saham.

Paton dan Littleton berpendapat bahwa para pemegang saham memiliki klaim sisa kontrak pada total aktiva, dan itu untuk alasan ini bahwa pendapatan bersih laba ditahan. Para pemegang saham mendapatkan sisanya, sisa, setelah para kreditur telah dibayar dalam hal terjadi likuidasi perusahaan. Penjelasan ini berkembang dari versi konvensional teori ekuitas. Penafsiran yang lebih baru melihat akun laba ditahan sebagai modal perusahaan atau investasi sendiri. Pembayaran untuk penggunaan uang adalah biaya karena baik kreditur dan pemegang saham dianggap pihak eksternal. Oleh karena itu, bunga perubahan dan dividen, serta pajak penghasilan, adalah biaya-biaya bisnis. Mereka mengurangi jumlah ekuitas entitas memiliki dalam dirinya sendiri.
Sebagai kesimpulan, kita dapat mengatakan bahwa baik teori proprietary dan entitas yang berpengaruh dalam praktek. teori akuntansi konvensional didasarkan pada konsep entitas dan laporan keuangan mencerminkan pandangan badan, dengan fokus mereka pada dividen dan laba bersih per saham. Perusahaan perdagangan saham mereka sendiri, yang menunjukkan pasar menerima bahwa mereka adalah entitas yang terpisah. Namun, konsep kepemilikan, beban bunga dianggap sebagai beban dan dividen distribusi laba.

Definisi kewajiban
Kerangka IASB paragraph 49 (b) mendefinisikan kewajiban sebagai:
Kewajiban kini perusahaan yang timbul dari peristiwa masa lalu, penyelesaian yang mana diharapkan dapat mengakibatkan arus keluar dari sumber daya perusahaan yang memiliki manfaat ekonomi.

Kewajiban Kini (Present Obligation)
Paragraf 62 dari Kerangka menyatakan bahwa "penyelesaian" dari kewajiban kini dapat terjadi dalam berbagai cara, misalnya dengan :
-          pembayaran tunai
-          transfer asset lainnya
-          penyediaan jasa
-          penggantian/replacement kewajiban dengan kewajiban lainnya,
-          konversi dari kewajiban ke ekuitas

Dari metode penyelesaian kewajiban ini, hanya point 1 dan 2 yang harus melibatkan arus keluar dari aset yang diakui oleh entitas. misalnya, hutang akan diselesaikan secara tunai (pendapatan yang dibayar di muka) diselesaikan dengan pemberian barang  atau jasa.

Transaksi Masa Lalu (Past Transaction)
Persyaratan bahwa kewajiban harus dihasilkan dari peristiwa masa lalu memastikan bahwa hanya kewajiban kini yang dicatat dan bukan yang akan datang. Namun, keadaan masa lalu mungkin sulit untuk menginterpretasikannya. Peristiwa lalu seperti apa yang dapat diterima? Kualifikasi ini sangat penting dalam menentukan apakah ada kewajiban sejak awal. Ketika perusahaan menempatkan pesanan dengan pemasok untuk membeli persediaan, aturan ini menentukan bahwa tidak ada kewajiban sampai barang diterima atau sampai judul berlalu. Oleh karena itu, peristiwa masa lalu dalam hal ini adalah penerimaan barang, bukan penempatan pesanan.
Pelaksana kontrak sepenuhnya memberikan kasus yang menarik untuk menafsirkan ‘past event’. Sebagai contoh, adalah kewajiban membeli kewajiban tanpa syarat? Mempertimbangkan situasi di mana pembeli setuju untuk membayar jumlah tertentu secara berkala sebagai imbalan untuk produk atau jasa, dan pembayaran ini harus dibuat terlepas dari apakah pembeli mengambil pengiriman produk atau layanan. Pembeli wajib melakukan pembayaran berkala, bahkan jika servic tersebut gagal kapal kuantitas minimum. Pada tahap ini, ada perjanjian antara dua pihak yang yang tidak dilakukan oleh keduanya. asumsi bahwa pembelian harus melakukan pembayaran terlepas dari apakah produk atau layanan recevied, kewajiban untuk pengorbanan manfaat ekonomi masa depan (dengan membayar tunai) kepada entitas lain ada dari penandatanganan kontrak. Oleh karena itu, kewajiban pembelian bersyarat merupakan sebuah kewajiban, yang muncul dari masa lalu bahkan penandatanganan kontrak. kewajiban ada meskipun tidak dilakukan.

Pengakuan Kewajiban (Liability Recognition)
Sekali definisi kewajiban terpenuhi, akuntan membutuhkan peraturan untuk menentukan apakah kewajiban tersebut harus diakui. Jenis peraturan yang telah diterapkan di masa lalu mirip dengan yang diterapkan untuk pengakuan aset. Mereka termasuk :
  • ketergantungan pada hukum
  • penentuan substansi ekonomi acara
  • kemampuan untuk mengukur nilai kewajiban
  • penggunaan prinsip konservatisme

Kriteria pertama, jika ada klaim yang memiliki kekuatan secara hukum, ada sedikit keraguan bahwa suatu  kewajiban terjadi. Meskipun kewajiban adil atau konstruktif dianut dalam definisi kewajiban, sebagian besar kewajiban ditentukan atas dasar apakah ada klaim hukum terhadap entitas yang ia berkewajiban untuk memenuhinya. Kewajiban untuk pemulihan operasi penambangan adalah kewajiban hukum jika hukum mensyaratkan pemulihan tetapi juga bisa dianggap sebagai salah satu yang adil (yaitu itu hanya adil bahwa tanah dikembalikan untuk memungkinkan penggunaan oleh orang lain di masa depan).
Kriteria kedua mengharuskan kita mempertimbangkan substansi ekonomi dari sebuah transaksi. Apakah beberapa kewajiban “nyata” muncul? Seberapa penting pencatatan dan penampilan akhir dari kewajiban bagi pengguna dalam neraca? Perusahaan James Hardie menemukan bahwa beberapa karyawan dan keluarga mereka sedang tejangkit penyakit sebagai akibat dari pertambangan dan hidup di antara asbes di Wittenoom di Australia Barat. perusahaan mengakui itu "nyata" kewajiban untuk memberikan kompensasi bagi penderita dari asbes - penyakit yang terkait. itu juga diketahui bahwa para pemegang saham, investor dan karyawan (pengguna informasi keuangan) akan sangat peduli dengan jumlah yang ditampilkan dalam neraca untuk kewajiban (yaitu estimasi kewajiban perusahaan). pemegang saham dan investor khawatir tentang besarnya aliran manfaat ekonomi sehubungan dengan penyelesaian klaim ganti rugi, sedangkan karyawan dan keluarga mereka khawatir berbatasan berapa banyak perusahaan telah disediakan untuk memenuhi klaim masa depan mereka saat ini dan potensinya. dalam beberapa tahun terakhir, banyak pihak (seperti pemegang saham, kreditur, karyawan dan kelompok masyarakat) telah menjadi semakin khawatir berbatasan tanggung jawab perusahaan dalam kaitannya dengan dampaknya terhadap environtment tersebut.
Contoh lain tentang substansi ekonomi tentang bagaimana kita menjelaskan transaksi catatan konversi (sekuritas hibrida). Misalkan sebuah perusahaan meminjam $ 10.000 dari bank dan berjanji untuk membayar kembali pinjaman dengan memberikan saham sendiri biasa nya. pada dasarnya, ini adalah catatan konversi tapi apakah itu menimbulkan kewajiban? Mengkonversi catatan adalah instrumen yang memberi aliran pembayaran bunga untuk jangka waktu tertentu, setelah itu catatan harus dikonversi menjadi saham. Haruskah kita mengakui kewajiban sampai waktu seperti catatan tersebut akan koversi/diubah? Ketika ekuitas dibuat, meskipun tidak ada aliran masa depan manfaat ekonomi? Bisa dikatakan bahwa kita harus, karena kegagalan untuk mencatat kewajiban transaksi sampai ekuitas dikeluarkan mungkin gagal untuk mencatat substansi ekonominya.
Kriteria ketiga berkaitan dengan menentukan nilai kewajiban. untuk beberapa kewajiban, nilai diwakili oleh harga kontrak, seperti jumlah uang yang harus dibayar untuk barang dan jasa yang diterima. dalam hal imbalan cuti karyawan, jumlah nominal kewajiban merupakan jumlah yang harus dibayar untuk menghapus kewajiban. Namun, nilai kewajiban mungkin berbeda dengan jumlah nominalnya. misalnya, jika kewajiban melibatkan jangka waktu lebih dari 12 bulan (seperti dalam kasus cuti) kita harus mempertimbangkan nilai waktu dari uang. sehingga perhitungan nilai kewajiban akan didasarkan pada nilai sekarang dari arus kas masa depan yang diharapkan, bukan jumlah nominalnya.
Kewajiban diakui dalam neraca apabila besar kemungkinan bahwa suatu arus keluar sumber daya yang memiliki manfaat ekonomi merupakan hasil dari penyelesaian kewajiban saat ini dan jumlah di mana penyelesaian akan berlangsung serta dapat diukur dengan andal.

Kerangka IASB
Kerangka IASB memberikan panduan dalam kaitannya dengan pengakuan element neraca dan laporan laba rugi. Paragraph 82 menyatakan bahwa item yang memenuhi definisi elemen harus diakui jika:
  • Hal ini kemungkinan bahwa manfaat ekonomi masa depan berkenaan dengan item akan mengalir ke atau dari entitas
  • Item memiliki biaya atau nilai yang dapat diukur dengan andal
Paragraph  91 memberikan pedoman khusus tambahan. Ini menyatakan bahwa kewajiban diakui di neraca ketika kemungkinan besar tersebut mengakibatkan arus keluar dari sumber daya yang memiliki manfaat ekonomi yang diakibatkan dari penyelesaian kewajiban kini dan jumlah di mana penyelesaian akan berlangsung dapat diukur dengan andal. Oleh karena itu, isu-isu kunci yang harus dipertimbangkan dalam kaitannya dengan mengakui kewajiban adalah:
1. kemungkinan besar arus keluar dari manfaat ekonomi, dan
2. reliabilitas pengukuran.
Dalam prakteknya, mungkin sulit untuk menerapkan kriteria tersebut. misalnya, apa maksud dari kemungkinan? Bisa dikatakan bahwa itu berarti semakin besar kemungkinan daripada lebih kecil kemungkinannya. Namun, perbedaan individu dalam perkiraan probabilitas dari suatu peristiwa dapat bervariasi, menyebabkan inkonsistensi dalam pengukuran.
Kerangka menyatakan pengukuran yang dapat diandalkan adalah 'bebas dari kesalahan material dan bias'; lebih lanjut, bahwa item diukur sehingga 'menunjukkan dengan tepat' apa yang dimaksudkan untuk mewakili (paragraf 31). kerangka kerja menyatakan secara spesifik bahwa kewajiban yang tidak dapat termasuk jika mereka tidak dapat diukur dengan andal. Salah satu contoh adalah tindakan hukum. Jika kerusakan yang akan dibayar tidak dapat diestimasi dengan andal maka item tidak dapat diakui sebagai kewajiban. Contoh tindakan hukum menggambarkan perdagangan dibuat antara relevansi dan keandalan. Sebuah keluar kemungkinan masa depan manfaat ekonomi yang terkait dengan gugatan adalah informasi yang relevan, tetapi untuk mengenali jumlah yang salah dapat menyesatkan pengguna informasi keuangan.
Beberapa orang mengambil pandangan bahwa pengukuran yang dapat diandalkan berarti pengukuran diverifikasi, yaitu pengukuran kewajiban dapat dihubungkan dengan bukti obyektif seperti nilai kontrak atau nilai pasar. Namun, dalam banyak kasus akuntan harus menggunakan pertimbangan untuk membuat perkiraan terbaik kewajiban mereka. Misalnya kewajiban untuk klaim garansi. akuntan menggunakan data masa lalu yang relevan (seperti tingkat penjualan) untuk memperkirakan kewajiban. Jika memperkirakan cukup handal (yang hanya akan diketahui di masa depan) kemudian informasi tersebut juga akan relevan bagi pengguna informasi keuangan. Buktinya adalah pandangan yang berbeda tentang bagaimana mendefinisikan dan kapan harus mengakui kewajiban yang muncul sebagai bagian dari IASB / proyek FASB 'pada kerangka konseptual.

PENGUKURAN KEWAJIBAN
Berdasarkan IFRS, metode pengukuran yang paling umum digunakan untuk kewajiban adalah biaya historis (atau diubah biaya historis). Pengukuran fair value digunakan pada pengukuran awal transaksi yang melibatkan kewajiban dalam hubungannya dengan IAS 17 sewa/Lease, IAS 39 pengakuan dan pengukuran instrumen keuangan, IFRS 2 setoran saham berbasis IFRS 3 penggabungan usaha. Apa yang kita maksud dengan nilai wajar? Konsep ini didefinisikan dalam standar seperti IAS 17 (ayat 4) menjadi :
“Jumlah dimana suatu aset dapat dipertukarkan atau suatu kewajiban diselesaikan antara pihak yang memahami dan berkeinginan untuk melakukan transaksi wajar itu.”

Dengan demikian, kewajiban yang timbul dalam finance lease diakui pada awal berdasarkan nilai wajar sewa (yang menurut definisi di atas bisa menjadi harga pasar untuk aset sewaan) atau nilai kini dari/present value dari pembayaran sewa minimum, jika lebih rendah ( IAS 17, ayat 20). Di tahun-tahun berikutnya, kewajiban diukur berdasarkan metode 'biaya diamortisasi'; yaitu, 'biaya' dari kewajiban pada awal (nilai wajar atau nilai tunai pembayaran sewa minimum, jika lebih rendah) disesuaikan secara tahunan untuk mencerminkan estimasi nilai saat ini. Saldo kewajiban adalah berdasarkan metode tingkat bunga efektif amortisasi (ayat 25). Dalam hal sewa pembiayaan, standar yang memberikan panduan yang jelas untuk menentukan nilai kewajiban sewa guna usaha. Namun, dalam kasus lain, pengukuran nilai wajar kewajiban hadir beberapa tantangan. Sebagai contoh, bagaimana kita memperkirakan nilai wajar suatu kewajiban yang tidak ada nilai pasar. Banyak kewajiban diselesaikan, tidak dijual.
Kita bisa melihat bahwa biaya historis (yang agak dimodifikasi biaya historis, dalam hal ini diamortisasi biaya) adalah metode yang paling umum digunakan untuk pengukuran selanjutnya kewajiban. Dua contoh di mana pengukuran nilai wajar diperlukan setelah akuisisi adalah kewajiban pasca kerja seperti pensiun (pensiun) di bawah 119 IAS Manfaat karyawan 19/AASB dan ketentuan jangka panjang dengan ketentuan 37/AASB IAS 137. Kewajiban kontinjensi dan aktiva kontinjensi. Perhatikan bahwa dalam kedua kasus kewajiban jangka panjang dan kemungkinan akan dipengaruhi oleh nilai waktu banyak. Dalam hal nilai sekarang, semakin lama jangka waktu sampai dengan penyelesaian kewajiban, semakin rendah nilainya. Hal ini karena suatu entitas manfaat dari kemampuan untuk mendapatkan bunga pada dana yang belum digunakan saat ini untuk menyelesaikan kewajiban. Bagian berikutnya membahas pengukuran kewajiban yang terkait dengan pensiun (pensiun) dan ketentuan dan kontinjensi.

RENCANA IMBALAN KERJA PENSIUN
Di banyak negara pensiun (atau dana) rencana ditetapkan oleh atasan untuk memberikan manfaat pensiun untuk karyawan. Pengusaha melakukan pembayaran kepada dana pensiun yang memiliki aktiva, kepercayaan, untuk mendanai pembayaran ketika karyawan pensiun. Dana pensiun adalah suatu badan hukum, terpisah dari perusahaan pemberi kerja.
Dana pensiun mungkin iuran (baik atasan dan pekerja berkontribusi untuk mendanai) atau non-iuran (dimana hanya atasan membuat kontribusi). Untuk dana imbalan pasti, jumlah yang akan dibayarkan kepada karyawan setidaknya sebagian fungsi dari gaji karyawan akhir atau rata-rata, sebaliknya, suatu iuran pasti (atau akumulasi manfaat) dana membayar jumlah yang adalah fungsi dari kontribusi dibuat untuk dana tersebut.
  


Biasanya pengukuran dasar
Diizinkan oleh IFRS dan diadopsi
dalam praktek
Nilai Wajar Opsi
Kewajiban Tidak Lancar


Pinjaman jangka panjang
Amortisasi biaya
Tidak
Sewa pembiayaan
Amortisasi biaya
Tidak
Kewajiban imbalan pasca kerja imbalan
Nilai kini pembayaran diharapkan dikurangi nilai wajar aktiva program
Tidak
Pajak tangguhan
Diharapkan pembayaran
Tidak
Ketentuan jangka panjang
Nilai kini pembayaran diharapkan
Tidak
Kewajiban lancar


Hutang usaha
Amortisasi biaya
Tidak
Derivatif
Nilai wajar
-
Pinjaman jangka pendek
Amortisasi biaya
Tidak
Bagian jangka pendek dari hutang jangka panjang
Amortisasi biaya
Tidak
Kewajiban keuangan lainnya
 
Amortisasi biaya
Ya
Hutang pajak kini
Diharapkan pembayaran
Tidak
Jangka pendek ketentuan
Diharapkan pembayaran
Tidak

            Dana pensiun dapat seluruhnya dibiayai, sebagian didanai atau tidak didanai. Sepenuhnya didanai rencana memiliki kas yang cukup atau investasi untuk memenuhi kewajiban dana untuk anggota. Sebaliknya, rencana didanai tidak memiliki uang tunai atau investasi untuk menutupi potensi pembayaran di bawah rencana. Sejauh yang jumlah yang diselenggarakan di percaya dan yang dibayarkan ke dana pensiun tidak cukup untuk memenuhi kewajiban berdasarkan program saat mereka jatuh tempo, dana pensiun adalah kekurangan dana.
            Karena dana pensiun adalah badan hukum yang terpisah, mungkin akan dianggap bahwa komitmen tidak didanai, rencana bukan merupakan kewajiban dari sebuah perusahaan atasan yang membayar ke dana pensiun. Namun, bisa dikatakan bahwa perusahaan memiliki kewajiban yang adil untuk memenuhi komitmen tidak didanai dan karenanya, memiliki kewajiban. Untuk mendukung argumen ini, Whittred, Zimmer dan Taylor menawarkan contoh sebuah perusahaan yang memungkinkan superannuation disponsori default dana dan menderita kehilangan reputasi dalam Tenaga Kerja dan pasar lain sebagai konsekuensinya, sehingga menimbulkan suatu pengorbanan manfaat ekonomi. Meskipun beberapa perusahaan tradisional belum mengakui komitmen didanai sebagai kewajiban, dalam kerangka dan IAS 37/AASB 137 sulit untuk berpendapat bahwa mereka bukan merupakan kewajiban.
            Masalah lainnya berkaitan dengan kapan harus mengakui kewajiban untuk pensiun (tabungan hari tua) pembayaran. Apakah :
-          Sebagai jasa karyawan yang membuat? gagasan adalah bahwa pembayaran adalah bentuk kompensasi yang diterima oleh karyawan pada saat pemberian jasa. Namun, dibayarkan di   masa depan, setelah pensiun.
-          Ketika karyawan pensiun?
-          Bila dana yang dibutuhkan untuk membuat pembayaran berdasarkan program pensiun?

            Dana pensiun dapat dianggap sebagai janji oleh entitas untuk memberikan pensiun kepada karyawan sebagai imbalan jasa masa lalu dan saat ini. manfaat pensiun adalah bentuk kompensasi ditangguhkan ditawarkan oleh perusahaan dalam pertukaran untuk pelayanan oleh karyawan yang telah memilih, baik implisit maupun eksplisit, untuk menerima kompensasi yang lebih rendah saat di kembali untuk pembayaran pensiun di masa depan. Ini manfaat pensiun yang diterima oleh karyawan, dan biaya mereka mencatat selama bertahun-tahun jasa diberikan. Acara lalu kritis adalah jasa oleh karyawan dan, oleh karena itu, kewajiban muncul bagi mereka manfaat pensiun yang belum didanai. Studi kasus 8.2 menganggap masalah yang berhubungan dengan akuntansi pensiun (pensiun) di kerajaan bersatu dan Australia dengan fokus pada pensiun (pensiun) kewajiban dari sejumlah perusahaan yang terdaftar besar.

Penyisihan dan Kontinjensi
            Ketentuan dan kontinjensi terjadi di mana ada batas kabur antara kewajiban sekarang dan masa depan. PSAK 37 Penyediaan, Kewajiban Kontinjensi dan Aset Kontinjensi mengakui tumpang tindih definisi dalam ayat 12, ketika menyatakan bahwa semua ketentuan yang kontingen karena mereka tidak yakin dalam waktu atau jumlah. Mencoba untuk membedakan antara sekarang, masa depan dan potensi (atau kontinjen) kewajiban tidak sesederhana mungkin muncul. Perbedaan ini tergantung tingkat besar pada sifat ' bahkan masa lalu ' tersebut
IAS 37/AASB 137 ayat 10 mendefinisikan kewajiban kontinjensi sebagai :
a)      kewajiban kemungkinan yang timbul dari peristiwa masa lalu dan yang keberadaannya akan dikonfirmasi hanya oleh terjadinya atau tidak terjadinya satu atau lebih peristiwa masa depan pasti tidak sepenuhnya dalam kendali entitas
b)      kewajiban kini yang timbul dari peristiwa masa lalu tetapi tidak diakui karena:
-          Tidak kemungkinan tersebut mengakibatkan arus keluar sumber daya dan manfaat ekonomi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan kewajiban tersebut
-          Jumlah kewajiban tersebut tidak dapat diukur dengan keandalan yang cukup.

            Kriteria IAS 37/AASB 137 ayat pengakuan 14 untuk ketentuan-ketentuan sesuai dengan kriteria kerangka untuk pengakuan kewajiban. Dengan demikian. Kewajiban dan ketentuan diijinkan menjadi diakui hanya jika ada kewajiban kini, besar kemungkinan bahwa suatu arus keluar sumber daya yang memiliki manfaat ekonomi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan kewajiban, dan jumlah kewajiban tersebut dapat diukur secara andal. Kewajiban kontinjensi tidak memenuhi kriteria tersebut (sama seperti aktiva kontinjensi tidak memenuhi kriteria untuk diakui sebagai aset). Oleh karena itu, ayat 27 dari IAS 37/AASB 137 kategoris menyatakan bahwa kewajiban kontinjensi yang tidak diakui dalam laporan keuangan. PSAK 37 IS saat ini sedang dikaji oleh IASB sebagai bagian dari proyek kewajiban. Salah satu proposal adalah untuk menghilangkan 'ketentuan' syarat dan 'kewajiban kontinjensi', menggantinya dengan 'kewajiban non-finansial'. Proposal bertujuan untuk memperluas dan memperjelas penerapan IAS 37; tanggapan mived namun, seperti biasa, proposal telah diterima dari pihak.
            Efek dari IAS 27 adalah untuk membatasi penggunaan jika ketentuan. Sebagai contoh, sebuah perusahaan dapat mempertimbangkan bijaksana untuk membuat ketentuan untuk tidak diasuransikan kehilangan (yaitu proses self-mengasuransikan), Namun, kewajiban tidak dapat diakui berdasarkan PSAK 37 sampai terjadinya suatu peristiwa yang memerlukan pengorbanan aset oleh pelaporan entitas. Contoh lain berkaitan 'penyisihan kerugian' atau sebuah 'penyisihan untuk restrukturisasi' yang dapat dibuat sebagai berikut kinerja yang buruk. Karena tidak ada kewajiban keluar kepada pihak eksternal (misalnya komitmen untuk mentransfer sumber daya dari entitas ke pihak eksternal yang tidak dapat dihindari) seperti ketentuan tidak akan diizinkan dalam kerangka atau standar saat ini.


Ekuitas pemilik (Owners’ equity)
            Ekuitas Pemilik 'adalah ketiga dari konsep-konsep dasar akuntansi ditangkap dalam persamaan akuntansi. Ini merupakan aktiva bersih (aktiva dikurangi kewajiban) dari entitas (P = AL). demikian, pemilik ekuitas (atau usaha) menangkap pemilik 'klaim terhadap aktiva bersih entitas, entitas yang tidak memiliki kewajiban lancar membayar. Ini mewakili kepentingan pemilik 'atau modal dalam perusahaan. ekuitas Pemilik '(bunga sisa) adalah sebuah klaim atau kanan ke aktiva bersih entitas. Kerangka mendefinisikan ekuitas dalam ayat 49 (C) sebagai berikut:
            “Ekuitas 'adalah kepentingan sisa dalam aset perusahaan setelah dikurangi semua
            kewajibannya.”

             Oleh karena itu, ekuitas pemilik 'tidak kewajiban untuk pengalihan aset, namun klaim sisa. Selanjutnya, hal itu tidak dapat didefinisikan secara terpisah dari aktiva dan kewajiban. Dengan demikian, definisi aset dan kewajiban yang harus disepakati sebelum definisi ekuitas dapat diselesaikan dan diterapkan dalam arti teoritis atau praktis suara. Sebagai hasil dari sifat residu, jumlah yang ditampilkan dalam neraca sebagai mewakili ekuitas tergantung pada tidak hanya aset dan kewajiban yang diakui tetapi juga bagaimana mereka diukur. Sebagai contoh, asumsikan sebuah Perusahaan A melakukan revaluasi atas aktiva sesuai IAS 16/AASB 116 Aktiva Tetap tetapi Perusahaan B, yang memegang aset identik, tidak. Perusahaan A akan melaporkan aset yang lebih tinggi dan ekuitas dari Kantor B.
            Pertanyaan mendasar yang harus ditangani dalam mencapai jumlah ekuitas adalah apakah item merupakan kewajiban atau ekuitas entitas. Ada dua fitur penting yang dapat membantu kita untuk membedakan antara kewajiban dan ekuitas pemilik. Mereka adalah:
• Hak para pihak
• Substansi ekonomi pengaturan

            Hak hukum adalah pertimbangan yang sangat penting. Namun, mereka tidak boleh menjadi dasar satunya perbedaan antara kreditur dan pemilik. Setelah semua, definisi kewajiban termasuk kewajiban konstruktif dan adil serta kewajiban hukum. Alasan lain adalah bahwa sudut pandang hukum terlalu sempit fokus yang akan berguna dalam mencapai tujuan keputusan kegunaan akuntansi. Oleh karena itu, substansi ekonomi juga harus dipelajari.
Hak para pihak (Rights of the parties)
            satu fitur dari hak yang diberikan kepada para pihak baik oleh hukum atau oleh kebijakan perusahaan berkaitan dengan prioritas hak untuk (kembali) dibayar dalam hal badan tersebut ditutup. Secara hukum, untuk kepemilikan tunggal atau kemitraan, kreditur mempunyai klaim pada pemilik (s) dan, untuk korporasi, tuntutan terhadap perusahaan. Namun, dalam teori akuntansi, tidak peduli apa bentuk hukum organisasi, entitas diakui sebagai unit akuntabilitas.
Oleh karena itu, kreditur mempunyai klaim atas entitas dan dengan demikian terhadap aset.

Kreditor memiliki hak-hak berikut:
• Penyelesaian klaim mereka dengan tanggal tertentu melalui pengalihan aset (barang atau jasa)
• Prioritas dari pemilik dalam penyelesaian klaim mereka dalam likuidasi

            Perhatikan bahwa klaim kreditur terbatas pada jumlah tertentu (yang mungkin berbeda dari waktu ke waktu sesuai dengan persyaratan perjanjian). Sebaliknya, pemilik memiliki kepentingan sisa saja, walaupun dengan pengaturan kontrak kelas yang berbeda dari pemilik mungkin memiliki prioritas yang berbeda dalam pengembalian modal.
            Aspek lain dari hak kreditur dan pemilik berkaitan dengan penggunaan aset atau ke operasi bisnis. Kreditor tidak memiliki hak untuk menggunakan aset dari perusahaan lain selain yang dirinci dalam kontrak. Kecuali secara tidak langsung dalam beberapa kasus, mereka tidak memiliki hak dalam proses pengambilan keputusan dalam operasi bisnis. Dalam cara yang terbatas, dengan kontrak, mereka mungkin mengganggu operasi dengan mensyaratkan bahwa saldo laba dibatasi, atau bahwa aset diberikan tidak akan dijual tanpa persetujuan mereka. Di sisi lain, pemilik mempunyai hak atau wewenang untuk menjalankan usahanya.

Substansi Ekonomi
            Baik kewajiban dan ekuitas pemilik 'mewakili klaim terhadap entitas. Semua pengadu terhadap entitas menanggung risiko kerugian, tetapi karena klaim sebelumnya kreditur, risiko mereka lebih rendah dari pemilik. Pemilik harus menanggung kerugian yang berasal dari kegiatan perusahaan. Mereka membawa beban risiko dalam bisnis. Dalam setiap perusahaan, tingkat risiko kreditur dan pemilik tergantung pada hak-hak mereka. Dengan demikian, perbedaan utama antara hak kreditur dan pemilik adalah bahwa kreditor memiliki hak untuk pemukiman, sedangkan pemilik memiliki hak untuk berpartisipasi dalam keuntungan (residual). Perbedaan ini mencerminkan risiko ekonomi dan fitur pengembalian dua jenis klaim: kreditor menanggung risiko kurang dan mendapatkan imbalan yang relatif tetap (bunga dan pelunasan pokok), sedangkan pemilik menanggung risiko yang lebih besar dan karenanya mendapatkan variabel (dan sering lebih tinggi) tingkat pengembalian melalui partisipasi mereka dalam keuntungan. Memberikan representasi diagram hubungan antara substansi ekonomi dan hak.
Hubungan antara substansi ekonomi dan hak :
Hak                                                                                             Ekonomi substansi
Bunga dan penyelesaian / Partisipasi dalam keuntungan           Risiko dan kembali
Penggunaan aset                                                                          Kontrol

            Pemilik atau wakil mereka memiliki kendali, komposisi penggunaan akuisisi, dan disposisi aset perusahaan. Mereka memiliki kontrol operasi dan tanggung jawab untuk menjalankan bisnis dan untuk kelangsungan hidup dan profitabilitas. Secara umum, pemilik perusahaan (pemegang saham) mendelegasikan sebagian besar ada tanggung jawab dan kontrol kepada direksi dan manajer.
            Argumen ini sesuai dengan pengertian tentang pengusaha dalam ilmu ekonomi. Konsep pengusaha bisa idealis bila diterapkan kepada para pemegang saham rata-rata dalam bahwa suatu pembedaan yang dibuat antara kewajiban dan ekuitas pemilik 'untuk semua perusahaan bisnis. Pengakuan ekuitas pemilik 'menganggap posisi teori proprietary, yang, untuk memulai dengan, adalah aneh bila dikenakan pada perusahaan besar.

Konsep Modal
            Akuntansi ekuitas dipengaruhi oleh resep hukum. Sebagai contoh, di Inggris Raya dan hukum perusahaan Australia termasuk undang-undang yang berkaitan dengan akuntansi untuk modal. Terpenting adalah kebutuhan 'pemeliharaan modal', yang menuntut bahwa perusahaan mempertahankan utuh awal mereka (dan berikutnya) basis modal. Kerangka mengakui bahwa baik atau tidak perusahaan mempertahankan modal yang utuh merupakan fungsi tidak hanya dari definisi ekuitas sebagai suatu kepentingan sisa dalam suatu entitas, tetapi juga konsep modal. Modal dapat dikonseptualisasikan sebagai uang ditemukan atau ditemukan daya beli (modal keuangan) atau sebagai kapasitas produktif dari entitas (modal fisik). Selanjutnya, modal dapat diukur di kedua satu dolar nominal atau daya beli ('nyata') skala. Berbagai kombinasi dari konsep modal dan skala pengukuran yang digunakan dalam model yang berbeda yang menghasilkan ukuran yang berbeda dari modal dalam keadaan yang identik. Kerangka tidak memberikan panduan tentang model mana yang paling sesuai, tetapi tidak mengakui dalam paragraf 108 dan 109 bahwa perusahaan akan membutuhkan jumlah yang berbeda untuk mempertahankan sumber daya untuk mempertahankan konsep yang berbeda dan ukuran modal.
            Tujuan lain persyaratan perawatan modal adalah untuk melindungi kreditur dengan memberikan sebuah 'bantal' atau 'buffer'. Misalnya, suatu entitas memiliki tidak lebih dari ibukota Leal sebesar $ 10.000. jika jumlah aktiva adalah $ 100.000, ini berarti bahwa jumlah kewajiban kepada $ 90,000. ini adalah:

                                    A = L + P
                       $ 100.000 = $ 90.000 + $ 10.000

            Jika entitas itu harus dilikuidasi dan nilai tercatat aktiva menyadari hanya $ 80.000, ada akan cukup untuk membayar kreditur. Hal ini dimungkinkan karena adanya modal sebesar $ 10.000. tanpa itu, kreditur tidak akan. Dibayar lunas. Modal bukan jaminan untuk perlindungan kreditur, tetapi tidak menawarkan keamanan beberapa. Pentingnya cadangan modal disorot dalam krisis perbankan dan likuiditas 2007-2008.

Klasifikasi Modal
            Perbedaan antara kontribusi dan memperoleh modal adalah salah satu yang akuntan menemukan berguna. Alasannya adalah untuk menjaga memisahkan nilai investasi dari jumlah yang diinvestasikan kembali. Yang pertama adalah karena transaksi pembiayaan, sedangkan surat ini berasal dari aktivitas laba-diarahkan. Saldo laba, atau laba dicadangkan, membentuk modal diperoleh.
            Saldo laba dapat disesuaikan untuk tujuan tertentu. Ingat bahwa saldo aktiva produktif tidak dalam diri mereka sendiri dan oleh karena itu alokasi dana cadangan ke rekening cadangan khusus tidak merupakan aktiva tertentu. Pada tahun 1950, sebuah komite khusus dari American Association Akuntansi menjelaskan bahwa alokasi berasal dari tiga jenis:
-          Mereka yang dirancang untuk menjelaskan kebijakan manajerial tentang reinvestasi keuntungan
-          Mereka yang dimaksudkan untuk membatasi dividen sebagaimana disyaratkan oleh hukum atau kontrak
-          Mereka yang memberikan kerugian diantisipasi.

Komite ini menyatakan sebagai berikut  :
·         Jenis pertama tidak efektif mencapai tujuan dan akan menjadi yang terbaik dijelaskan dalam bentuk narasi di tempat lain.
·         Untuk tipe kedua, panitia diyakini catatan ke rekening akan lebih baik pada suatu pengalokasian
·         Untuk tipe ketiga, komite merasa apropriasi adalah tidak perlu dan sering menyesatkan catatan akan lebih cocok.

            Komite ini menekankan bahwa alokasi tidak boleh mempengaruhi penentuan keuntungan. Ada sedikit yang bisa dicapai dengan alokasi. Beberapa perusahaan dituduh menggunakan alokasi sebagai cara untuk mengurangi jumlah yang tersedia untuk dividen, berharap demikian untuk mengurangi keluhan oleh pemegang saham tentang tingkat dividen yang dibayarkan. argumen tersebut mengasumsikan bahwa manajer percaya pemegang saham naif. Demarkasi antara kontribusi dan memperoleh modal tidak dapat dijaga ketat karena transaksi yang tidak jatuh rapi ke dalam kategori ini. Sebagai contoh, saham dividen (dividen yaitu yang 'Disetor' dalam bentuk alokasi saham) merupakan perubahan dalam klasifikasi dari yang diperoleh menjadi modal memberikan kontribusi.

Perbedaan Hutang dengan ekuitas
            Berdasarkan kriteria definisi dan pengakuan dibahas dalam bab ini, kita dapat setuju bahwa saham yang dikeluarkan untuk membentuk bagian investor dari ekuitas dan pinjaman dari kreditur merupakan kewajiban. Namun, pertanyaan diajukan tentang instrumen hibrida yang memiliki karakteristik dari kedua hutang dan ekuitas. Sebagai contoh, saham preferensi secara tradisional dianggap sebagai modal dan, karena itu, sebagai bagian dari ekuitas pemilik ', tetapi mereka memiliki karakteristik yang juga menyelaraskan mereka dengan kewajiban, seperti berikut:
-      Mereka adalah klaim tetap
-    Mereka tidak dapat berpartisipasi dalam dividen selain tingkat pra-tertentu (mirip dengan bunga)
-    Mereka memiliki prioritas atas saham biasa dalam pengembalian modal (seperti halnya kewajiban)
-        Mereka umumnya tidak memiliki hak suara

            Meskipun mereka disebut saham, kemungkinan bahwa mereka kadang-kadang memenuhi definisi kewajiban, dan harus diklasifikasikan sebagai kewajiban.
            Klasifikasi instrumen keuangan sebagai kewajiban atau ekuitas memiliki efek luar neraca sejak klasifikasi menentukan apakah bunga, dividen, kerugian atau keuntungan yang berhubungan dengan instrumen yang diakui sebagai pendapatan atau beban dalam menghitung laba bersih, atau apakah mereka diperlakukan sebagai distribusi dari keuntungan dihitung. Distribusi bunga, dividen, kerugian dan keuntungan yang terkait dengan instrumen keuangan atau komponen dari instrumen keuangan yang kewajiban diakui sebagai pendapatan atau beban. Sebaliknya, distribusi kepada pemegang instrumen ekuitas diperlakukan sebagai pembagian keuntungan setelah mereka telah dihitung.
            Tujuan membedakan antara pemilik modal dan kewajiban adalah untuk meningkatkan manfaat informasi bagi pengambilan keputusan. pertanyaan menarik yang diajukan tentang bagaimana investor melihat efek hibrida yang disebut, yang menggabungkan kedua fitur hutang dan ekuitas seperti catatan konversi, saham preferensi ditebus dan hutang subordinasi.
            IASB menginginkan perbedaan yang lebih baik antara instrumen ekuitas dan non-ekuitas. Titik awalnya adalah gagasan bahwa semua instrumen abadi adalah modal. Selain itu, instrumen dipertukarkan sesuai dengan pilihan penerbit akan ekuitas. Sebaliknya, kewajiban adalah wajib diuangkan pada tanggal tertentu atau tanggal atau pasti terjadi.

Penyelesaian utang
            Utang mungkin diselesaikan dengan cara lain selain dengan pembayaran langsung atau jasa kepada kreditur. Situasi itu berhubungan dengan disebut sebagai 'off-set dan pelunasan utang' atau 'di-substansi peniadaan'. Hal ini memungkinkan debitur untuk menghapus hutang dari neraca dan melaporkan aset finansial bersih atau kewajiban hanya jika entitas memiliki hak t kekuatan hukum tetap saat berangkat jumlah yang diakui, dan bermaksud baik untuk (a) menyelesaikan secara bersih atau (b) merealisasikan aktiva dan menyelesaikan kewajiban secara bersamaan.
Misalnya Perusahaan A memiliki hutang obligasi dari $ 10.000.000 dijual awalnya setara dengan tingkat bunga yang ditetapkan sebesar 8 persen dan 10 tahun sisa hidup. Saat ini, karena suku bunga yang lebih tinggi, nilai pasar obligasi lebih rendah dari nilai jatuh tempo mereka. Sebuah perusahaan akan membeli obligasi pemerintah dengan nilai nominal sebesar $ 10.000.000 suku bunga yang ditetapkan sebesar 8 persen dan 10 tahun sisa hidup, untuk $ 7.500.000. Ini akan ditempatkan dalam sebuah kepercayaan tidak dapat dibatalkan untuk tujuan melunasi obligasi perusahaan hutang.

Investasi dalam Obligasi Pemerintah                         $ 7.500.000
                        Kas                                                                                                      $ 7.500.000

Hutang Obligasi                                                          $ 10.000.000
                        Investasi dalam Surat Utang                                                              $ 7.500.000
                        Keuntungan Hutang Obligasi                                                             $ 2.500.000

Keuntungan bagi perusahaan adalah :
-       Hutang dihapus dan, oleh karena itu, utang perusahaan terhadap ekuitas meningkatkan Laba tahun berjalan meningkat dengan jumlah keuntungan yang Untuk keperluan pajak, keuntungan tersebut tidak diakui karena perusahaan masih secara hukum diwajibkan untuk membayar obligasi.
-       Untuk tujuan pajak, bunga dari obligasi pemerintah akan diperhitungkan dengan beban bunga obligasi perusahaan
-       Pencabutan izin perusahaan untuk mengelola sisi kewajiban dalam neraca karena akan surat berharga pada sisi aktiva
Definisi kerangka kewajiban menyiratkan bahwa itu diselesaikan pada saat aktiva atau jasa telah dialihkan ke entitas lain

 Saham Karyawan (pembayaran berbasis saham)
            IASB telah memutuskan untuk memperlakukan saham berdasarkan renumerasdi sebagai beban. IFRS 2/AASB 2 Share-based payment membedakan antara pembayaran berbasis saham yang cash-settled dan mereka yang equity-settled. Ketika barang dan jasa yang diterima atau diperoleh dalam transaksi pembayaran berbasis saham, entitas mencatat kejadian ketika kejadian tersebut equity-settled pembayaran berbasis saham. Jika barang atau jasa yang diterima dalam transaksi pembayaran diselesaikan saham-saham berbasis, sisi kredit entry/jurnal adalah ekuitas pemilik. Sebaliknya, jika barang atau jasa yang diterima dalam transaksi yang akan diselesaikan secara tunai cash-settled, kredit entri yang sesuai adalah kewajiban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar