Minggu, 24 Maret 2013

Manfaat kentang untuk wajah



Manfaat kentang sebagai penghilang noda hitam di wajah

“kentang”, selain rasanya yang enak untuk di konsumsi, baik sebagai cemilan (kentang goreng) atau dimasukkan dalam sayur (soup), ternyata si satu ini memiliki banyak manfaat loh di balik rasanya yang enak tersebut. Salah satunya yaitu “dapat menghilangkan flek/noda hitam diwajah.”

Kok bisa? 

Ternyata, selain mengandung vitamin C, kandungan enzim catecholase yang ada pada kentang mempunyai fungsi untuk menghilangkan noda hitam pada wajah dan menjadikan wajah lebih cerah loh. Makanya kentang banyak digunakan sebagai masker wajah. Bahkan untuk maskernya saja kita bisa buat sendiri loh. 

Bahan-bahan yang digunakan:
  • ½ buah kentang yang tidak terlalu matang atau setengah matang.
  • Susu segar 1 sendok.
  • Tepung beras 1 sendok makan.

Cara membuat dan menggunakan:
  • Kentang diparut sampai halus lalu masukan dalam mangkuk kecil, kemudian tambahkan susu dan tepung, sampai rata diaduk hingga membentuk pasta kental.
  • Secara merata dan menyeluruh oleskan masker pada wajah, kurang lebih selama 20 menit biarkan mengering.
  • Gunakan lap yang sudah dibasahi dengan air biasa atau air hangat untuk membersihkan.

Penggunaan masker ini dapat di lakukan tiap hari atau setiap kita membutuhkannya. Setelah sebulan melakukannya, kita bisa merasakan hasilnya.
 
Terus kalo buat cowok gimana? Cowok kan gak pake masker wajah. 

Tenang bro, saya juga cowok. Berdasarkan pengalaman saya, saya hanya konsumsi kentang dengan rutin saja kok, terutama dengan memasukkan kentang dalam sayur yang saya makan setiap hari. Alhasil noda-noda bekas jerawat dan noda hitam di wajah saya jadi hilang. Tapi berdasarkan literature yang saya dapat bisa di jadikan masukan juga nih. Yaitu dengan cara  mencuci wajah setiap hari dengan jus kentang. Caranya? Gunakan 2-3 kentang yang sudah dikupas kulitnya untuk membuat jus kentang. Basuh wajah dengan jus kentang tersebut setiap hari untuk menghilangkan noda membandel pada bagian wajah.

Bahkan, selain itu kentang juga memiliki manfaat lainnya loh. Berikut manfaat kentang lainnya:
1.       Singkirkan lingkaran hitam mata
Parut kentang yang telah dikupas kulitnya. Masukkan ampasnya ke dalam kain kasa yang steril, kompreskan pada bagian mata selama 10-15 menit. Basuh dengan menggunakan air hangat. (Atau bisa juga dengan cara lain, yaitu dengan menempelkan kapas yang telah dibubuhi jus kentang pada bagian mata). Zat catecholase dalam kentang bisa mencerahkan kulit dan menghilangkan lingkaran hitam di bagian mata.

2.       Menghilangkan uban diri
Rebus kentang di dalam air, lalu saring air rebusannya, biarkan hingga dingin. Oleskan pada bagian rambut setiap kali sehabis keramas, secara rutin agar tidak ada lagi uban yang tumbuh.

3.       Mencegah penuaan dini
Ternyata kentang juga mengandung zat antioksidan yang sangat efektif, yang bermanfaat sebagai anti-aging. Buat masker dengan cara memotong kentang dan mencampurnya dengan 2-3 sendok makan cuka apel. Aplikasikan pada wajah selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

4.       Menyegarkan kaki lelah
Kaki pegal dan lelah bisa diatasi dengan merendam kaki ke dalam rebusan air kentang selama 15-20 menit, hingga kaki terasa lebih segar.

5.       Pemutih Wajah Alami
Ambil dua buah kentang berukuran kecil, kupas lalu parut. Letakkan di atas kain tipis, tambahkan 3 tetes perasan air lemon dan beberapa tetes madu. Tutup kain, letakkan di sela-sela jari, kemudian gosok dengan lembut di wajah secara merata, biarkan selama 15-20 menit, bilas hingga bersih. Lakukan setiap 2 minggu sekali untuk mendapatkan kulit putih dan cerah.

2 komentar: